Diposkan pada Fanfic, K-pop

All About Fanfiction

Fanfiction atau Fanfic/FF merupakan suatu sebutan yang dikenal untuk karya-karya yang dibuat penggemar yang berhubungan dengan cerita tentang para tokoh atau tokoh fiksi, atau latar yang dibuat oleh penggemar dari sebuah karya asli, alih-alih sang pembuat karya tersebut.  Lebih jauh lagi, biasanya motivasi para penulis fanfic ini adalah untuk kepuasan batin belaka, sama sekali tidak ada motivasi komersil.

 GENRE FANFICTION

Genre adalah kategori fanfiction. Ada beberapa genre dan perbedaan istilah yang digunakan. Nah, di bawah ini beberapa genre yang sering digunakan dalam Korean fanfiction.

Action/Adventure: FF yang berisi kisah petualangan tokohnya, dengan kemungkinan adegan perkelahian/pertempuran.

Alternate Universe: Situasi yang berbeda dengan yang dibangun dalam canon-nya/kehidupan sebenarnya/cerita aslinya.

Angst: FF yang melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional, fisik dan mental yang membuat pembacanya dapat merasakan perasan yang sesak dan dapat menitikkan air mata. Biasanya berakhir sad ending.

Band Fic: FF yang yang memfokuskan pada keseluruhan grup tokoh (biasanya dalam fanfictionboy band atau girl band).

Bromance: FF dimana tokoh laki-laki menunjukkan sifat kasih sayang kepada tokoh laki-laki lainnya (biasanya sebagai pasangan), tapi berbeda dengan Incest yang melibatkan pasangan saudara sedarah.

Brothership: FF yang menceritakan tentang hubungan tokoh laki-laki dengan tokoh laki-laki lainnya sebagai kakak atau adik .

Comedy/Humor: FF yang mengandung unsur komedi dan humor .

Crack: FF dengan plot cerita yang mengejutkan, tiba-tiba berubah, dan tidak umum.

Crossgender: FF dengan tokoh berubah gender dari karakter aslinya. (Misalnya aslinya cowok, tapi di FF dia sebagai cewek).

Death Fic: FF yang tokoh utama atau salah satu tokohnya mati dengan tragis.

Drama: FF mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat pembaca terhanyut dalam cerita. Biasanya dalam genre drama semua permasalahan ada.

Divergence: Cerita yang mulanya berangkat dari fakta yang sama dengan canon-nya, kemudian pada titik tertentu berbelok memasuki situasi karangan penulisnya yang berbeda dengan canon-nya.

Family: FF yang menceritakan tentang hubungan kekeluargaan.

Fantasy: FF di mana author menciptakan dunianya sendiri (dream land). Sebuah dunia alternatif yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atau hal-hal supranatural.

Fluff: FF yang pendek, namun ceritanya manis/menyenangkan dan happy-ending.

Friendship: FF tentang persahabatan.

Gore: FF yang penuh dengan darah, kekerasan, pembunuhan, dan hal-hal lain semacamnya.

Het, Het Fic: Kepanjangannya Heteroseksual yang berarti hubungan normal (straight) antara laki-laki dan perempuan.

Historical: FF yang mengambil latar waktu berbeda. Istilah lain yang sering digunakan adalahAlternate Timing (Waktu/masa dalam cerita fanfic itu berbeda dengan waktu/masa pada cerita asli)

Horror: FF yang berisikan cerita seram dan menakutkan.

Hurt/Comfort: FF yang memiliki sisi hurt (sedih/menyakitkan) tapi juga memiliki sisi comfort(menenangkan).

Married-life: Menceritakan tentang kehidupan sebuah pernikahan.

Mystery/Suspense: FF yang berisikan cerita misteri/menegangkan. Berkaitan dengan kejahatan atau ada suatu kasus tertentu.

Non-Canon: FF yang berisikan hal-hal yang bertentangan dengan kehidupan aslinya, kebalikan dari Canon.

Psychology: FF yang berisikan unsur-unsur psikologi seperti kepribadian ganda dan gangguan kejiwaan lainnya.

PWP: Plot What Plot, FF yang tidak memiliki plot yang jelas dan biasanya sangat pendek. Atau bisa juga diartikan Porn Without Plot, hanya berisi unsur seksual, tidak ada plot yang membangun cerita.

Romance: FF yang berisikan kisah percintaan (dan pastinya genre ini paling sering ditulis).

Sad: FF yang berakhir (atau di sepanjang alur ceritanya) menyedihkan.

Science Fic: Kependekan dari “science-fiction”. Sebuah fiction yang mengandung unsur ilmiah, seperti Science dan IPTEK yang melibatkan teknologi dan hal-hal yang modern.

School-life: Menceritakan tentang kehidupan dengan latar sekolahan.

Song Fic: Fanfiction yang terinspirasi dari lagu.

Slash, slash fic: FF yang mengandung hubungan percintaan antara sesama jenis.

Smut: FF yang berisi penggambaran adegan seks.

Supernatural: FF yang bercerita mengenai kemampuan yang diluar batas manusia. Sepertisixth sense (indra keenam), kemampuan meramal, dll.

Thriller: Fokus ke adegannya yang dipenuhi kejutan dengan alur cepat dan melibatkan ancaman fisik karakter. Seperti, pembunuhan atau mutilasi.

Tragedy: FF yang menceritakan kesedihan dan hal-hal tragis yang menguras air mata. Kadang dikisahkan penyiksaan salah satu karakter.

Yaoi – Shounen-Ai: Kisah percintaan antara laki-laki dan laki-laki, biasanya hanya untuk orang dewasa. Banyak yang salah mengartikan antara yaoi dan shonen-ai. Yaoi lebih mendeskripsikan mengenai adegan seksual (biasanya eksplisit), sedang shonen-ai lebih berfokus pada kisah percintaannya dan tidak mengandung unsur lemon eksplisit.

Yuri – Shoujo-Ai: Sama dengan yaoi, hanya saja yuri percintaan antara wanita dan wanita.

Sadism : Biasanya FF yang berisi adegan sex ala psycho, dalam kata lain ada adegan rape

RATING

Pemberitahuan pada pembaca, tahap umur mana yang sesuai untuk membaca FF ini. Biasanya didasarkan pada MPAA Rating (Motion Picture Association of America) yang digunakan pada film.
Rating ini terdiri atas:

G -General Audience
Semua Umur. Ini menunjukan bahwa cerita ini tidak mengandung hal-hal yang oleh orangtua dipandang berbahaya bahkan untuk anak terkecil sekalipun. Penggambaran tubuh telanjang, adegan seks, penggambaran penggunaan narkoba sama sekali tidak ada, kekerasan minimal, percakapan tidak menyerempet kata-kata yag tidak layak didengar

PG -Parental Guidance Suggested
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak. Adegan seks dan penggunaan narkoba sama sekali tidak ada. Penggambaran tubuh telanjang mungkin ada meski hanya sekilas, kekerasan dan horor tidak melebihi batas

PG-13 Parents Strongly Cautioned
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak di bawah usia 13. Meski adegan seks, penggambaran tubuh telanjang, dan kekerasan yang berlebihan masih tidak ada, namun mungkin sudah ada penggambaran penggunaan narkoba, dan makian menggunakan istilah seks.

R -Restricted
Mereka yang di bawah 17 tahun memerlukan pendampingan orangtua (usia bervariasi, tergantung tempat). Sangat mungkin mengandung bahasa yang kasar, tema dewasa, kekerasan, adegan seks dan penggambaran penggunaan narkoba

NC-17 -No One 17 and Under Admitted
Jelas-jelas tidak boleh dibaca oleh mereka yang berusia di bawah 17, karena sangat mungkin mengandung adegan seks yang eksplisit, bahasa yang sexually-oriented, kekerasan yang berlebihan.

PANJANG FANFIC/LENGTH

Drabble: Terdiri dari 100 – 200 kata. Drabble adalah jenis fanfic terpendek/sangat pendek.

Ficlet: Lebih panjang dari drabble, kira-kira sekitar 500 – 800/900 kata.

Oneshot: Oneshoot hampir menyerupai sebuah cerpen. Terdiri dari 2000 – 3000 kata. Biasanya sebuah cerita oneshoot akan langsung tamat.

Double shot / Two shots: Cerita yang terdiri atas dua bagian (dua chapter)

Short story: Cerita bersambung yang lebih sedikit daripada “Chaptered Fanfic”. Biasanya hanya terdiri dari 4 – 5 Chapter.

Chaptered / Series Fic: Cerita bersambung yang hampir menyerupai novel. Biasanya akan lebih dari 10 chapter. Boleh memiliki lebih dari satu konflik.

ISTILAH LAINNYA DALAM FANFICTION

Canon: mengacu pada sifat, karakter, peristiwa, plotline, yang terjadi secara nyata dalam sumber resmi yang mendasari suatu fanfiction.

Fanon: Informasi atau karakterisasi yang belum pernah dikonfirmasi, tapi diterima oleh para penggemarnya.

OTP (One True Pairing): Bisa di bilang ini seperti tokoh pasangan favorite kita setiap menulis FF. Misalnya Hunhan (Sehun dan Luhan).

Original Character (OC) / Other Cast / Other Character: Artinya karakter ini murni buatan si pengarang, yang mana adalah imajinasi. Buat karakter cewek biasanya OFC dan cowok OMC tapi biar singkat langsung OC juga tidak apa-apa.

Out Of Character (OOC): Arti pastinya karakter yang di bangun di luar karakter aslinya.

Disclaimer: Pesan dari penulis fanfiction yang menyatakan bahwa plot adalah karya fiksi, miliknya sendiri, hanya untuk kepentingan entertainment, dan tokoh-tokoh yang digunakan bukanlah hak cipta miliknya.

POV : Point Of View, atau sudut pandang.

OC : (Original Character)
Tokoh buatan author, bisa jadi mary sue atau gary tsu jika terlalu berpengaruh dalam cerita.

 

Plagiarism : Sama seperti Copy-Cat, tapi ini mengkalim milik orang lain sebagai miliknya

POV (Point of View) : Sudut pandang dalam fanfic

 

 

Iklan

Penulis:

Lupakan masa lalu, hidup untuk sekarang dan belajar untuk masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s