Diposkan pada ELF, K-pop, K.R.Y, Korea, SM Entertaiment, Super Junior, Super Junior - M

Kunci Sukses SUPER JUNIOR

 

super-junior

 

Super Junior adalah boyband yang sangat populer dan sukses garapan SM Entertaiment. Grup ini memulai pre-debut mereka sejak tahun 2000, meskipun grup dengan nama Super Junior ini baru resmi terbentuk tahun 2005, dengan 12 personil yaitu Leeteuk,Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum. Lalu di tahun 2006 nama Kyuhyun resmi diumumkan sebagai anggota baru grup tersebut. Saat ini hanya sepuluh anggota SuJu yang aktif.

 

Dengan jumblah personil sebanyak ini, SuJu menjadi salah satu boyband dengan anggota terbanyak. Tentu saja tidak mudah menjaga keutuhan anggota grup sebanyak ini. Namun SuJu memiliki kiat-kiat unik untuk menjaga keutuhan grup mereka.

 

Super Junior memiliki fans yang diberi nama ELF. Nama ini memberikan tempat yang lebih istimewa bagi para fans, fans lebih dari sekedar fans, mereka lebih merupakan forever friends bagi Super Junior.

sp3

 

Mereka telah eksis begitu lama dan telah berhasil menyabettujuh penghargaan musik dari M.net Asian Music Awards, sebelas dari The Golden Disk Awards, dan menjadi grup penyanyi kedua yang memenangkan Favorite Artist Korea pada MTV Asia Awards 2008.

 

Untuk bisa eksis sedemikian lamanya dan meraih berbagai penghargaan, tentu tidak luput dari kerja keras dan ketekunan SuJu. Tanpa kerja keras dan ketekunan semua itu tidak akan bisa mereka raih. Mereka tekun untuk berlatih ketat secara rutin dan terus mengembangkan diri. Tak ada kata bosan dalam kamus mereka. Kedua hal ini menjadi kunci utama kesuksesan mereka. Kerja keras dan ketekunan yang bahkan tidak berhenti meskipun mereka sudah di ruang ganti. Mereka memanfaatkan waktu mereka yang super ketat dengan sangat baik. Inilah yang mereka lakukan beberapa saat sebelum naik panggung.

 

MEMANFAATKAN WAKTU

 

lee teuk (12)

 

Leeteuk tampak serius sibuk menandatangani autograph untuk album mereka. Tak ada waktu yang terbuang, tak ada waktu yang disia siakan. Meskipun mereka sudah berada dalam ruang ganti, dan tak lama lagi mereka harus show,bukan berarti mereka Cuma berdiam diri. Masih banyak yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu tersebut.

super-junior-11

Sementara itu, Ryeowook tak kalah sibuk. Ia pergunakan sedikit waktu yang ada di belakang panggung untuk mendengarkan lagu dan menghapalnya kembali. Ia lakukan itu dengan serius dan seksama untuk memastikan ia tidak kelewatan kata atau kalimat. Ia ingin memberikan yang terbaik, sehingga ia tidak tanggung – tanggung menghapal.

 

Waktu luang juga bukan berarti dipakai untuk melamun. Eunhyuk memanfaatkan waktu luang di balik panggung untuk mendengarkan music mereka sekaligus menghafalkan koreografi lagu mereka. Seluruh anggota SuJu benar – benar selalu memanfaatkan waktu. Mereka bekerja keras.

 

ELF YANG BERHARGA

sp3

 

SuJu juga tahu menghargai para ELF. Mereka sadar bahwa para ELF ini sangat berharga bagi SuJu. SuJu pandai melakukan ‘SIMPLE THINGS’ buat para ELF sehingga membuat para ELF semakin gandrung.

 

Kebiasaan untuk menghargai para ELF ini rupanya sudah menjadi kebiasaan SuJu. Mereka juga melakukan hal tersebut dalam SS3rd Asian Tour Concert 2010. Saat sesi perkenalan,masing – masing personil SuJu tampil dengan kostum berbagai negara seperti Arab,Spanyol,India,Cina,Inggris,Belanda dan Mesir. Cara ini membuat para ELF dari negara – negara tersebut merasa tersanjung dan makin sayang pada SuJu.

 

KEKUATAN BAHASA

Bahasa memang mampu mempersatukan bangsa. Karena SuJu banyak melakukan show ke berbagai negara, kemampuan berbahasa para personil SuJu memang terus diasah demi para ELF dan pengembangan diri SuJu. Misalnya saja, ketika show KIMCHI 2011 di Indonesia lalu,Leeteuk tiba – tiba menyapa para ELF di Indonesia dengan teriakan ‘’ASSALAMUALAIKUM” di tengah – tengah lagunya. Sontak hal ini membuat para ELF histeris kegirangan. Sesuatu yang sederhana yang dilakukan SuJu, meskipun kecil namun sangat berarti bagi para ELF. Kentara sekali kalau SuJu sangat menghargai para ELF yang memang telah membantu kesuksesan mereka.

Tak lama kemudian SuJu menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyapa ELF Indonesia “SAYA SENANG BERADA DI INDONESIA,SAYA SENANG DENGAN INDONESIA GADIS”. Meskipun ada kesalahan tata bahasa yang diucapkan, namun para ELF amat amat sangat girang.

Di lain waktu, meskipun tidak semua personil SuJu mampu berbahasa Inggris, mereka dipaksa untuk bisa menggunakan bahasa Inggris di atas panggung saat konser di Amerika Serikat. Waktu SMTown Live Tour Concert 2010 di Los Angeles, para personil SuJu memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Selain membuat ELF di LA senang, para personil SuJu pun merasa semakin PD. Siwon sampai tidak menyangka kalau ia mampu mengucapkan kalimat – kalimat yang pnjang dalam bhasa Inggris.

Kemampuan personil SuJu menggunakan bahasa para ELF tersebut semakin melambungkan mereka ke puncak kesuksesan.

 

KREATIF

Kiat sukses SuJu yang lainnya adalah semangat mereka untuk terus berkreasi. Tiap show SuJu selalu berbeda dan kreatif. Ada saja kreasi dan akti mereka di atas panggung. Dari menaburkan bling – bling pada para penonton,sampai berdandan seperti Girls’ Generation. Mereka bahkan pernah mengajak Heechul untuk berkostum ala Lady Gaga dan diberi nama Lady Hee Hee. SuJu juga menggunakan teknologi dalam kreasi panggung mereka.

 

TALENTA YANG LEBIH SPESIFIK DALAM SUJU 4 in 1

Kiat sukses lain dari SuJu adalah dibentuknya Super Junior 4 in 1. Kita tahu bahwa SuJu memiliki konfigurasi yang unik, yakni dengan adanya 4 supgrup SuJu. Supgrub ini mengelompokkan anggota SuJu yang memiliki talenta yang lebih spesifik.

Cara ini ternyata sangat membantu mewadahi para anggota boyband ini yang sama – sama memiliki bakat dan kemampuan yang lebih khusus. Tentu saja tidak mudah untuk selalu meleburkan kekhususan bakat, kemampuan dan keunikan yang dimiliki para anggota yang jumblahnya banyak tersebut. Talenta dan expertise yang kuat tersebut perlu disalurkan dalam wadah – wadah yang positif, namun keutuhan SuJu tetap terjaga. Maka lahirlah konsep 4 in 1 yang jitu. Keempat subgrup SuJu tersebut memiliki ciri khas masing – masing, namun seluruh angota juga memiliki ciri khas bersama dibawah payung besar Super Junior.

 

SUPER JUNIOR T

Super Junior Trot atau sering disingkat Super Junior – T beranggotakan  Leeteuk, Heechul, Kang in, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk. Subgrup ini dibentuk karena spesialisasi para personilnya dalam menyanyikan lagu – lagu trot atau lagu – lagu pop korea yang jadul. Album pertama mereka Rokuko dirilis dalam bahasa korea pada tahun 2007, dan pada tahun 2008 dirilis versi bahasa jepangnya. Tak tanggung – tanggung, hanya tiga hari telah terjual 46.000 copy.

 

SUPER JUNIOR K-R-Y

4857840183_cb7ab8da25

 

Dibentuk pada tahun 2006 dengan anggota Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung. SM Entertaiment melihat bahwa ketiga personil ini memiliki kekuatan vokal dan ciri khas yang berbeda dibandingkan anggota SuJu yang lain sehingga melahirkan penggemar yang khusus. Oleh karenanya, dibentuklh subgrup ini. Super Junior K-R-Y ini terbiasa menyanyikan lagu – lagu balada dan lagu – lagu yang terkesan sedih. Mereka juga sering mengisi soundtrack drama seri Korea.

 

SUPER JUNIOR M

super junior (50)

Karena kemampuan berbahasa Mandari sebagian dari anggota SuJu, maka dibentuklah Super Junior M. Mereka spesialisasi menyanyikan lagu – lagu Mandrin SuJu M beranggotakan Han Geng, Donghae, Siwon,Ryeowook,Kyuhyun. Subgrup ini adalah satu – satunya subgrup yang beranggotakan nggota diluar SuJu yang semuanya orang Korea. Henry dan Zhou Mi berasal dari Cina. Sesuai dengan nmnya, SuJu M ini spesialisasi menyanyikan lagu – lagu berbahasa Mandarin. Saat ini personil subgrup ini berjumblah 8 orang,dengan masuknya Sungmindan Eunhyuk pada Februari 2011 setelah hengkangnya Han Geng.

 

SUPER JUNIOR HAPPY

Super Junior-Happy terdiri dari 6 personil SuJu yakni, Sungmin,Shindong, Yesung, Kangin, Eunhyuk dan Leeteuk. SuJu Happy ini banyak malantunkan lagu – lagu berirama riang yang sesuai dengan karakter suara dan karakter para personilnya.

 

Okk, sekian ya semua…

 

Iklan

Penulis:

Lupakan masa lalu, hidup untuk sekarang dan belajar untuk masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s